17 January 2008

Let's do simple things from now on

Adalah hal yang tidak mungkin jika kita ingin mengubah dunia jika kita tidak memulainya dengan mengubah diri sendiri. Bumi memang semakin panas, yah memang, dari hari ke hari suhu bumi terus saja naik. Tak dapat dihindari kalau semakin tingginya suhu bumi adalah karena kebiasaan manusia. Mari kita coba merubah dunia dengan slogan yang sering kita dengar, yakni 3M --> Mulai dari diri sendiri, Mulai dari hal-hal yang kecil, Mulai sekarang juga !! Banyak hal-hal kecil yang bisa kita lakukan untuk memperlambat kenaikan suhu bumi. Lakukanlah hal-hal sederhana di sekitar kita, tak perlu biaya kok untuk melakukannya.


Stop plastic!!
Coba menekan angka penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari. Sebab sejauh yang saya tahu, plastik adalah salah satu bahan yang limbahnya sukar diurai tanah. Tanah harus berjuang keras dan membutuhkan waktu yang sangaaat lama untuk bisa mengurainya. Bagaimana caranya? Sediakanlah paper bag dalam tas anda kemanapun anda berpergian. Jangan sampai ketinggalan. Kita bisa menggunakannya ketika berbelanja di mini market. Selain itu, ada juga cara lain. Biasakan untuk membawa mangkok atau piring sendiri ketika membeli nasi atau lauk pauk di warung seberang rumah. Hehehe.. Maklumlah, pengalaman anak kosan. Bayangkan saja, jika dalam satu hari kita tidak menggunakan satu kantong kresek, maka dalam satu bulan akan ada tiga puluh kantong kresek, dan dalam satu tahun ada 360 plastik. Lumayan banyak kan?
(picture: www.google.com)


Maksimalkan penggunaan kertas
Jangan asal membuang kertas yang sekiranya sudah tidak terpakai. Manfaatkan halaman yang masih kosong pada kertas yang sudah tidak terpakai. Ingat! Bahan dasar pembuatan kertas adalah kayu. Kayu diperoleh dari pohon yang ada di hutan. Semakin banyak pohon di hutan yang ditebang, akan semakin banyak jumlah gas karbondioksida di udara, semakin panaslah bumi kita. Kalaupun ada waktu dan kesempatan, tidak ada salahnya kita belajar mendaur ulang kertas ( Yang satu ini belum sempat terealisasi, agak ribet soalnya )


Stop buang sampah sembarangan!!
Biasakanlah untuk membuang sampah sekecil apa pun pada tempatnya. Entah itu bungkus permen maupun karcis busway. Untuk yang satu ini, saya masih belum menemukan relasi paling tepat dengan pemanasan global. Tapi saya yakin, belajar disiplin dari hal kecil seperti ini tidak ada ruginya :)


Ayo Menanam
Lahan untuk menanam memang sudah banyak berkurang, apalagi di Jakarta. Tapi selalu ada jalan jika memang kita mau berusaha. Tak perlu mempunyai halaman yang luas untuk bisa menanam. Pot pot tanaman yang digantung mudah ditemui kok di pinggir-pinggir jalan. Harganya pun tidak terlalu mahal, masih dalam jangkauanlah.. Beruntung sekali aku memiliki rumah yang masih bisa ditanami. Mari kita hijaukan rumah kita, hijaukan Jakarta, hijaukan dunia. (picture: by Aizz)

Mulailah dari diri sendiri, Mulai dari hal-hal yang kecil, Mulai sekarang juga !!



No comments: